Monday, June 26, 2017

jenis koleksi perpustakaan sekolah



 jenis koleksi perpustakaan

yang dimaksud dengan koleksi perpustakaan sekolah adalah sejumlah bahan atau sumber sumber informasi,baik berupa buku ataupun bahan bukan buku, yang dikelola untuk kepentingan proses belajar dan mengajar di sekolah yang bersangkutan. Secara keseluruhan isinya mengandung bahan-bahan yang semuanya dapat menunjang program kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah, baik program yang bersifat kurikuler maupun ekstra kurikuler.
Secara fisik, jenis koleksi yang diperlukanntuk suatu perpustakaan sekolah bisa dikelompokan ke dalam kategori buku dan bahan bukan buku. Yang pertama meliputi segala  jenis buku yang terakhir meliputi segala jenis bahan yang tidak termasuk ke dalam kategori buku. Rincian uraianya sebagai berikut:

1.koleksi buku
Buku disini bisa bermacam macam jenisnya. Bisa buku yang bermateri fiksi maupun buku yang bersifat non fiksi. Baik yang pertama maupun yang kedua masing masing masih banyak variasi dan jenis dilihat dari segi isi maupun bentuk penyajiannya. Misalnya yang termasuk buku buku fiksi antara lain ada fiksi umum,  fiksi ilmiah, dan fiksi sastra. Sedanngkan yang termasuk kedalam buku buku nonfiksi antara lain meliputi buku buku ilmiah, ilmiah populer, informasi umum,dan informasi khusus, termasuk di dalamnya ada buku teks.
Untuk perpustakaan sekolah pembagian buku lebih baik disesuaikan dengan jenis buku yang sudah dikenal selama ini, yakni buku buku yang berdasarkan jenis materi buku yang bersangkutan, buku buku nonfiksi, dan buku buku fiksi.
a.      a..Buku buku nonfiksi
Penegrtian buku buku yang termasuk ke dalam kelompok nonfiksi ini adalah bahwa mereka yag ditulis berdasarkan fakta atau kenyataan alam dan budaya sekitar kita. Sifat alam, kondisi alam, kondisi sosial, dan budaya masyarakat pada uumunya,dan masyarakat tertentu, perjalanan seseorang, sejarah, dan lain lain. Yang jelas buku buku ini disusun atas dasar hasil pengamatan dan bahkan hasil penelitian mendalam untuk menjaga kebenaran fakta yang akan ditulisnya.

Buku buku nonfiksi ini banyak sekali jenisnya baik dilihat dari segi bentuk penyajian maupun pola isinya. Berikut adalah contoh contoh yang tergolong ke dalam kelompok buku buku nonfiksi.
1.       Buku teks atau buku pelajaran
2.       Buku teks pelengkap
3.       Buku penunjang
4.       Buku referensi
Contoh dari buku referensi ini adalah kamus, ensiklopedia, buku tahunan, buku pedoman,buku petunjuk, direktori, almanak, bibliografi, indeks, abstrak, atlas, dokumen pemerintah.

b. buku buku fiksi
Yang termasuk ke dalam kelompok  buku buku fiksi adalah buku buku yang ditulis bukan berdasarkan fakta atau kenyataan. Buku ini ditulis berdasarkan kehendak dan hanyalah pengarangnya saja. Imajinasi pengarang dan juga termasuk keccendrugan perasaan pada saat menulis saring tertuang dalam wujudtulisan pada buku yang ditulisnya. Buku buku model fiksi ini biasanya dalam bentuk cerita, baik pendek maupun lengkap. Nama lain untuk buku buku fiksi ini sering dikaitkan dengan novel, romansa. Hanya yang terakhir ini lebih mendekati kepada karya sastra dilihat dari bobot tulisannya.
Contoh buku buku yang termasuk fiksi yang banyak beredar di pasaran anatara lain adalah:
1.       Kabut sutra ungu karangan Ike Supomo
2.       Pelangi di atas singosari karangan S.H.Mintaredja
3.       Sejuta surat cinta karangan Freddi S.
4.       Malin kundang
5.       Sangkuriang Dayang Sumbi
6.       Purba Sari Purbararang
7.       Mundinglaya Dikusumah
Walaupun buku buku tersebut hanya merupakan cerita hayalan belaka, namun jika isi cerita menarik dan bahasa yang digunakannya juga menarik, maka akan bisa memberikan hiburan segar bagi pembacanya.
Koleksi bahan bukan buku
Yang dimaksud dengan bahan bukan buku di sini adalah bahan atau koleksi yang masih dalam bentuk cetakan namun bukan berupa buku. Yang termasuk ke dalam ketegori ini banyak macamnya, antara lain adalah berkala, gambar, globe, map, surat kabar, dan majalah. Karya karya selipat seperti brosur, dan pamflet atau selembaran juga termasuk ke dalam jenis jenis bahan bukan buku.

2. Koleksi bahan pandang dengar(Audiovisual)
Yang dimaksud dengan bahan pandang dengar disini adalah koleksi perpustakaan yang dibuat atas hasil teknologi elektronik bukan bahan hasil dari cetakan kertas. ia berassal dari bahan bahan nonkonvensial. Contohnya film suara, kaset video, tape Recorder, slide suara, dan sebagainay.
Karena pemanfaatanya menggunakan unsur pandang dan unsur dengar, maka kemudian disebut dengan bahan pandang dengar (Audiovisual)
Di perpustakaan perpustakaan yang sudah maju , keberadaan alat alat seperti ini sudah biasa, namun pada perpustakaan sekolah tampaknya belum banyak yang memilikinya, kecuali beberapa perpustakaan sekolah yang sudah maju.

16 comments:

  1. Jadi makin tau nih info koleksi buku perpus. Thx infonya gan

    ReplyDelete
  2. Jadi makin tau nih info koleksi buku perpus. Thx infonya gan

    ReplyDelete
  3. salah satu buku yg paling favorit waktu baca di perpustakaan itu cerita keagamaan hehe :D thanks infonya

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya jenis koleksi buku yang ada diperpus soalnya jarang keperpus sih
    hehehe

    ReplyDelete
  5. mantap kalau gini bisa baca hehe ~

    ReplyDelete
  6. Mantap gan koleksi perpustakaan sekolah untuk meningkatkan kecwrdasan anak bangsa

    ReplyDelete
  7. wah asik nih, tapi menurut saya, koleksi perpustakaan sekolah saat ini tidak terbatas pada koleksi textbooks atau koleksi audiovisual saja. Sebenarnya sekolah khususnya pustakawan bisa menyesuaikan koleksi yang dibutuhkan berdasarkan kondisi sekolah, keuangan ataupun dukungan siswa/guru. Salah satu koleksi lainnya yang bisa ditambahkan adalah koleksi digital. Pentingnya koleksi ini pada koleksi perpustakaan sekolah (tentunya perpustakaan yang didukung dengan fasilitas yang memadai), dinilai cukup mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, siswa sekolah baik SD, SMP ataupun SMA dapat digolongkan pada generasi Z yang cendrung menyukai teknologi, dengan adanya koleksi digital disekolah seperti (peta digital, teks pdf atau lainnya) bisa meningkatkan kunjungan dan menarik siswa untuk datang ke perpustakaan. *cmiiw

    ReplyDelete
  8. buku sangkuriang waktu itu senang cerita waktu SD hehehe

    ReplyDelete
  9. perpustakaan menambah wawasan dan ilmu

    ReplyDelete
  10. unit perpus mantaf jaya ni infonya bang .

    ReplyDelete
  11. Wuih menambah wawasan juga bagi ane nih setelah baca artikel blog ente

    ReplyDelete
  12. Saya paling hobi ke perpustakaan gan, dan emang banyak banget buku di perpustakaan, membaca jambatan ilmu gan, nice Post

    ReplyDelete
  13. paling suka sama cerita malin kundang

    ReplyDelete
  14. banyak juga yahh koleksi2 buku d perpustakaan..

    ReplyDelete
  15. Coba kampus gua perpustakaannya lebar dan luas + buku koleksinya baru-baru kayak perpustakaan daerah pasti gua kesana tiap hari.

    ReplyDelete