Sunday, July 9, 2017

kesalahan kesalahan dalam kuliah


KULIAH  , itu adalah kata kata yang selalu di dambakan oleh semua orang yang mau menyambung pendidikannnya, terutama nih untuk adalah SMA/SMK  yang kelas 3 pasti menginginkan untuk kuliah atau mungkin kerja, tapi kebanyakan orang lebih memilih kuliah dibanding kerja , kenapa ?? karena biasanya orang yang kuliah mendapat sesuatu yang lebih terpandang oleh masyarakat dibanding lulusan smk yang kerja. dan juga dan dunia kerja , orang yang memliki gelar pendidikan biasanya lebih mudah atau lebih dipermudah oleh gelarnya di banding orang yang tamatan SMA/SMK.

ternyata banyak juga loh kesalahan kesalah yang sering ditemukan ketika seorang tamatan sma/smk yang melanjutkan kejenjang perkuliahan, ini ini beberapa yang sering jadi masalah dalam perkuliahan :
  1. ikut ikutan teman, ini sering saya temui sendiri baik ketika saya masih di sma maupun setelah saya sudah masuk kuliah . memang sih teman menjadi salah satu penyemangat kita dalam kuliah , tetapi juga teman bisa  loh membuat kita gagal dalam kuliah , ini  adalah salah satu faktor utama anak sma salah atau gagal dalam kuliahnya. karena ,saya yakin ,tidak semua orang ,mempunyai bakat dan keahliannya sama . misalnya ketika teman kita memilih suatu universitas yang sangat dia dambakan dan dia memiliki keahlian untuk masuk dalam universitas itu , dan pasti ada teman dekatnya yang juga ikutan ikutan untuk masuk universitas itu bersama sama dengan dia.
  2.  salah memilih jurusan , wah ini memang kesalahan mendasar sih menurut saya , kenapa ? ya, karena kan waktu kita memilih perkuliahan pasti pada saat pendaftaran anda dianjurkan memilih universitas yang anda inginkan dan jurusan yang akan anda jalani. sebaiknya sebelum kuliah kita sudah mengetahui apa yang sebenarnya kita inginkan dan kita akan memilih jurusan apa ?. sebaiknya sebelum kita menentukan pilihan kita sudah tau dimana kita akan dapat kerja dan pekerjaaan apa yang akan kita dapatkan .
  3. memilih pergaulan , ini sebenarnya faktor penting dan juga tidak penting, terus kenapa dimasukan ?. ini  saya masukan karena kebanyakan anak kuliah adalah anak rantau, mau tidak mau pasti kita membutuhkan teman di rantau. tapi hati hati loh tidak semua orang yang kuliah semata mata untuk menandapatkan ilmu, banyak juga orang yang kuliah untuk sebagai gaya gayaaan , seperti terlihat gagah atau terlihat pandai, biasanya mereka ini dari kalangan anak orang kaya yang mereka tidak memikir pendidikan mereka . saya menulis ini untuk anda lebih selektif ya memilih teman, bukan untuk menjadi pribadi yang tertutup dan tidak maupu berteman dan juga membeda bedakan teman , berteman boleh saja dengan saiapa saja asalkan kita tau cara menempatkan waktunya.
  4. mendapatkan universitas yang tidak diinginkan. ini sebetulnya masalahnya sama seperti salah memilih jurusan, biasanya orang orang pada saat mendaftar mereka biasanya hanya benar benar menginginkan hanya 2 jurusan dan 2 uuniversitas , sementara pada saat mendaftar biasanya ada 3 pilihan . ini nih jadi kesalahannya, karena saat daftar pasti pilihan pertama dan kedua adalah pilihan yang sangat diinginkan dan pilihan ketiga  adalah pilihan yang seperti asal asalan, biasanya karena asal asalan kita memilih yang tidak sukai, namun jika nasib kita kurang beruntung dan mendapatkan pilihan ketiga maka mau tidak mau pasti kita ambil, dan saya percaya itu pasti tidak akan tahan lama kuliahnya.
  5. tidak sesuai dengan jiwa kita. ini sebenarnya kembali lagi kepada jiwa atau selera kita sendiri sendiri, tidak akan ada orang yang memaksa kita untuk ambil dan terima perkuliahan. sebenarnya ini biasa udah tau tidak sesuai dengan jiwanya tetap dia ambil ini karena paksaan orang tuanya , misalnya nih anaknya di terima di universitas dan jurusan yang bergengsi , pastikan orang tua secara spontan pasti akan menyuruh untuk memilih universitas dan jurusan itu tapi tidak sesuai dengan jiwanya ini pasti akan menjadi hambatan atau kegagalan dan kuliahan karena yang menjalankan kuliah jiwanya tidak menerima itu, tetapi ia jalani karena paksaan orang tuanya dan keluarga terdekatnya.
  6. berpindah pindah , maksudnya berpindah pindah adalah kita sudah masuk dalam universitas dan jurusan yang kita inginkan dalam menjalankan kuliahan ternyata tidak sesuai harapan dan mulai malas malasan hingga akhirnya gagalan dan juga memulai baru di tahun selanjutnya , sadar atau tidak jika kita melakukan itu , kita hanya akan membuang buang waktu yang jika dari utama kita kerjakan dengan hati yang iklas maka akan kita akan mendapatkan hasil, tetapi juga kita memikirkan untuk memulai ditahun berikutnya bisa biayangkan berapa waktu yang kita buang, berapa uang yang harus kita bayar ? kalau benar jika mendaftar kita langsung dapat yang kita inginkan jika tidak maka siklus ini akan di ulang terus dan akhirnya hanya mendapatkan kegagalan saja.
sebenarnya kuliah itu tidak sulit kok asalkan kita memiliki tujuan yang pasti, hati yang iklas dan juga tidak mengikuti orang orang dekat kita dan juga tidak mengikuti keegosian saya yakin dalam perkuliahan menjadi mudah dan tidak ada sulitnya sama sekali. sekian pembahasan saya tentang kesalahan kesalahan yang dilakukan oleh anak sma/smk yang ingin melanjutkan pendidiknnya ke jenjang perguruan tinggi .

51 comments:

  1. makasih jadi tau info yang penting ini hehe

    ReplyDelete
  2. Makasih gan infonya sangat menarik heheehe

    ReplyDelete
  3. faktor-faktor diatas memang sangat berpengaruh ketika kuliah, saya mengalami sendiri,,infonya memberikan pencerahan sekali, nice info

    ReplyDelete
  4. nice info bosQ

    mampir ke blog: www.syifa-pedia.net n www.tutorialpedia.co.uk

    ReplyDelete
  5. dan kesalahan yang paling Fatal kalau Kuliah itu Jurusan nya di Pilihin Teman

    ReplyDelete
  6. Keren lahhh meski saya bukan Anak Kuliah

    ReplyDelete
  7. Kalau mau kuliah kita harus niat dari diri sendiri dan bukan dipilihin orang lain

    ReplyDelete
  8. terimakasih infonya mas bisa di jadikan refrensi nanti pas saat saya mau kuliah hehe,.....

    ReplyDelete
  9. Ya yang penting sih ikuti kata hati, jangan ikut ikutan

    ReplyDelete
  10. ane udah kuliah, memang bener kalo kuliah itu harus sesuai sama minat masing-masing, banyak kok yang keluar hanya karena salah milih jurusan dan gak kuat sama jurusan yang dipilihnya, intinya itu ikuti kata hati aja.

    ReplyDelete
  11. mantabkan niat dahulu,agar tujuan tercapai

    ReplyDelete
  12. Hmm ane langsung kerja gan, gapake kuliahan :D

    ReplyDelete
  13. Tambahan dari ane gan, "kuliah karena terpaksa" . sebenernya ane juga sangat ingin sekali kuliah namun apa daya modal tak cukup hehe..

    ReplyDelete
  14. Bener banget sih, yah walaupun kuliah saya masih berat asal jangan patah semangat aja.

    ReplyDelete
  15. makasih bro, kalau gini saya bisa hati2 soalnya taun depan saya lulus sma hehe :D

    ReplyDelete
  16. Pastinya setiap berbuat baik (belajar) pasti suka ada halangannya, jadi sebelum kuliah pastikanlah niatan dengan bersungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  17. makasih infonya gan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang

    ReplyDelete
  18. yang banyak itu yang ikut-ikutan teman, fatal akibatnya kalau tidak cocok

    ReplyDelete
  19. nomor 1 dan 2 yg palinh sering terjadi

    ReplyDelete
  20. Mantap, tpi ane masih smk kelas 2 hehehehehe, nice info (y)

    ReplyDelete
  21. Mantap om ane ingin lanjut kuliah

    ReplyDelete
  22. Mestinya kuliah itu harus didasari dengan kemampuan kita??? apa yang paling mrnonjol dari kita. dengan begitu kuliah bisa berhasil.....

    ReplyDelete
  23. Kuliah harus dari kemauan sendiri tentunya. Kalau tidak ya jalan nya juga bakal sulit...

    ReplyDelete
  24. Kalau salah pilih jurusan gimana ya?

    ReplyDelete
  25. Betul gan walaupun niat kuliah yang bagus dan sungguh-sungguh namun tanpa di iringi tekad yang kuat maka kegagalan akan mendekati dan faktor pergaulan juga memang sangat berhubungan, namun jika kita pintar dalam memilah mana yang baik dan sifatnya membangun maka itu akan berhasil...

    ReplyDelete
  26. Benar banget, yg jelas jurusan kuliah yg paling penting...

    ReplyDelete
  27. wah jangan sampe besok pas ane kuliah ngelakuin gini ..

    ReplyDelete
  28. Yang paling sering mungkin salah jurusan gan, bahkan ada yang pindah jurusan di tahun kedua

    ReplyDelete
  29. Wah ane kagak kuliah Nih langsung kerja

    ReplyDelete
  30. wah bener sekali gan yang saya rasakan seperti itu :)

    ReplyDelete
  31. bermanfaat buat ane nanti pas masuk kuliahh

    ReplyDelete
  32. infonya bermanfaat untuk tahun depan kalo jadi lanjutin kuliah

    ReplyDelete
  33. wah saya kurang minat kuliah tapi okelah baca kek gini bisa kasih saran ke orang yang mau kuliah

    ReplyDelete
  34. wkwkwk saya termasuk didalam artikel ini, bagus gan artikelnya

    ReplyDelete
  35. begini ya kesalahan oramg kuliah .. saya tamatan SMA karena sukanya praktek di lapangan jadi otodidak pembelajaran saya ,

    ReplyDelete
  36. aku masih belum kuliah, karena setelah lulus ternyata daftar kerja dan alhamdulillah diterima.. tapi masih ada niatan ingin kuliah di jurusan yang aku suka

    ReplyDelete
  37. sebenernya sih sama msh lama kuliah :v tapi gtw cmn pengen tau aja , biar di jadiin pelajaran :) nice info gan :)

    ReplyDelete
  38. belum ngerasain karan belum kuliah, tapi bisa antisipasi dengan ambil jurusan yang kita suka kalau mau kuliah

    ReplyDelete
  39. mau kuliah lagi, benar2 bermanfaat ...

    ReplyDelete
  40. gua sebentar lagi kuliah nih gan, gua mau masuk IT apakah prospek kerjanya bagus

    ReplyDelete
  41. saya juga suka ngerasa salah jurusan pas kuliah, tp makin kesini makin terbiasa😂

    ReplyDelete
  42. Mantap gan, sy udh korban salah jurusan, skrg semester tua, ttp dijalani tp gk maksimal.

    ReplyDelete
  43. thanks gan, jadi ada ilmu sedikit nih buat yg mau kuliah

    ReplyDelete
  44. kalo ane mungking bukan tidak masuk dalam kategori karena tidak ada penjelasan mengenai salah jurusan. wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  45. semoga gak kaya gini ane gan, mudah2 an tahun ini mau masuk kuliah

    ReplyDelete
  46. Situs Judi Slot Online RTP 97.50% | LuckyClub.live
    Luckyclub luckyclub - Situs Judi Slot Online RTP 97.50%. RTP analysis for Situs Slot Online from LuckyClub. This individual is no longer active.

    ReplyDelete