Saturday, July 15, 2017

staffing perpustakaan

pada kali ini saya meu membahas tentang staffing nih, untuk orang umum mungkin aneh istilah ini tapi untuk ada perpustakaan istilah ini merupakan sesuatu yang penting dalam memajukan perpustakaaannya, selamat membaca.
staffing adalah pengisian dalam struktur organisasi dalam perpustakaan
dengan  kata lain staffing harus dilakukan dalam organisasi supaya organisasi bisa berjalan dengan lancar dan organisasi itu sendiri semakin maju.
staffing dapat dilakukan dengan cara :
1.penyusunan rencana  ketenaga kerjaan
artinya kita harus menyusun tenaga kerja yang kita gunakan, seperti berapa pegawai yan akan kita pakai, berapa karyawan lain, dan juga berapa orang yang mengurusi pekerjaan penunjang lainnya. jika kita mantap dalam perencanaan tenaga kerja ini maka kita akan berhasil dan mungkin menghemat pengeluaran organisasi atau perpustakaan.
2.rekruitmen
artinya kita mengrekruit atau  memasukkan angota baru untuk perpustakaan kita, caranya bisa dengan pengumuman atau yang sejenisnya supaya orang tau kita membutuhkan atau membuka tenaga kerja baru .
3.seleksi dan penempatan
artinya setelah kita merekrut anggota baru kita harus menyeleksinya supaya kita dapat mengetahui apa yan benar benar kita perlukan dan juga dimana pemenpatan yang sangat perlu ditempatkan dengan segera. seleksi pegawai dilakukan dengan cara:
  • pengisian formulir
  • tes tertulis(inteligensi, kecakapan, kejuruan,kepribadian)
  •  wawancara
  • referensi
4.induksi dan orientasi
induksi pemikiran atau kesimpulan yang kita dapat dari keadaan keadaan yang telah dialami, sedangkan orientasi sendiri adalah pengenalan diri terhadap tempat kerja atau wilayah kerja kita.
5.mutasi
artinya pemindahan kerja, biasanya mutasi diartikan negatif karena biasanya mutasi pemindahan kerja ketempat tempat yan tertinggal, tapi mutasi juga bisa di pindahkan ke tempat yang lebih bagus dari sebelumnya.
mutasi sendiri dibagi menjadi 3 yaitu:
a.promosi adalah pemindahan kerja ke tempat di atau posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya, biasanya promosi di dapatkan etos kerja yang baik dan bagus dalam pekerjaaan.
b.demosi adalah pemindahan kerja dari posisi tinggi ke posisi bawahnya, biasanya ini terjadi bila seseorang yang tidak baik dalam kerjanya atau melakukan kesalahan kesalahan besar yang berdampak jelek terhadap perkerjaanya.
c.rotasi adalah pemindahan kerja dengan posisi yang sama, rotasi dilakukan supaya tidak menumpuknya orang dalam satu posisi saja.
6.pengembangan staf
pengembangan staf sangat di perlukan dalam pengembangan organisasi atau perpustakaan. pengembangan staf sendiri dapat dilakukan dengan cara pelatihan :
  • di tempat kerja (on the job training) yaitu rotasi pekerjaan dalam jangka waktu tertentu, tugas belajar (internship) yaitu pelatihan kerja, magang (apprenticeship) yatiu pelatihan dengan bimbingan rekan sekerja.
  • di luar tempat kerja (off the job training) yaitu pelatihan diluar tempat kerja sesungguhnya, tapi berusaha meniru kondisi pekerjaan sebenarnya, contohnya pelatihan serambi (vestibule training) yaitu pegawai bekerja pada suatu keahlian khusus di tempat lain yang kondisinya seperti asli
7.penilaian staf
penilaian staf dilakukan untuk mengukur kinerja supaya staf bekerja dengan baik, dan supaya kerjanya lebih bagus dari sebelumnya.

dengan begitu sesuai dengan istilah stafing yaitu the right men in the right place , orang yang benar di tepat yang tapat/ benar, maksudnya disini adalah staffing meletakkan orang orang yang memang menguasai sesuatu diletakkan pada bidang yang dia kuasai, dengan begitu proses akan berjalan dengan lancar dan baik
staffing ini sangat di perlukan oleh orang umum seperti perpustakaan sendiri ataupun oleh orang ekonomi di karena staffing ini mempelancar kerja dalam sebuah organisasi, dan bila staffing dalam sebuah organisasi itu bagus maka dapat di pastikan organisasi itu dapat berjalan dengan baik dan bagitu juga bisa proses staffing tidak berjalan dengan baik maka organisasi itu cepat atau lambat akan mengalami kemunduran yang terlihat jelas.
mungkin itulah sedikit pembahasan saya tentang staffing bila ada kata yang salah atau kurang berkenan mungkin  bisa berkomentar dibawah dimana kekurangannya , saya ucapakan terima kasih.

34 comments:

  1. Sip, dengan seperti itu perpustakaan kita akan ramai

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. agak repot juga ya ternyata ^^ btw nice info

    ReplyDelete
  4. memang agak repot kalau lihat pegawai perpustakaan bukan dari staf khusus perpus yang profesional, kalu perpusnya sudah bagus dijamin orang pada banyak datang ke perpustakaan untuk membaca

    ReplyDelete
  5. bermanfaat trimzzz... mau buka perpustakaaan keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk mas cuma bagi ilmu dan juga sbagai ganti catatan kuliah saya saya

      Delete
  6. Gan saran nih artikel nya kasih jarak biar gk bingung yang baca

    ReplyDelete
  7. Saya dulu rajin banget ke perpus nah kalau pas kuliah malah jarang kalau ada tuhas aja ke perpus ama pas waktu ngerjain tugas akhir

    ReplyDelete
  8. Ternyata begitu penjelasannya, trim gan jadi tambah mengerti :)

    ReplyDelete
  9. Ribet ya Ternyata~ ... , gue kira simple~

    ReplyDelete
  10. Seperti manajemen organisasi ya kak.

    ReplyDelete
  11. Ternyata ribet juga ya btw baru tahu saya nice artikel gan nambah ilmu saya wkwkwkw

    ReplyDelete
  12. Jadi makin tau nih tentang staffing dalam perpustakaan, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  13. Wah nambah wawasan nih gan, thanks ya :D

    ReplyDelete
  14. kalo kegiatan staffing di perpustakaan, yang sebaiknya menghandle siapa ? induk organisasi ataukah kepala perpustakaan sendiri ? saat ini banyak perpustakaan yang staffing sendiri di handle dan di urus oleh induk organisasi, jadi terkadang kompetensi pustakawan/ staff di perpustakaan tidak sesuai/ kurang tepat.

    ReplyDelete
  15. Bukan cuman untuk perpusatakaan , Semua Organisasi Jika tanpa bagan yang jelas dan teratur tidak akan berjalan dan Pada akhir nya Organisasi tersebut bubar

    ReplyDelete
  16. Belum kuliah. Mungkin di artikel ini ane jadi paham tentang sekolah kuliahan

    ReplyDelete
  17. Wah tengkyu gan , walau ane gk kuliah tapi ane baca baca dulu tentang perkuliahan .
    nice gan

    ReplyDelete
  18. Untung belum masuk ke bangku perkuliahan, tapi bermanfaat juga buat nanti kalo dah masuk kuliah

    ReplyDelete
  19. Untung belum masuk ke bangku perkuliahan, tapi bermanfaat juga buat nanti kalo dah masuk kuliah

    ReplyDelete
  20. Bener banget kayak mimin bilang

    ReplyDelete
  21. Wah makasih banyak gan info nya 😅

    ReplyDelete