Friday, April 24, 2020

Pengertian Aplikasi Omeka


Otomasi Perpustakaan: Software Omeka - KelasKita


Omeka adalah aplikasi gratis berbasis web yang digunakan untuk mengelola koleksi digital berupa e-learning. Aplikasi ini disebut juga Learning Management System (LMS), yaitu aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran elektronik (e-learning program). Selain itu, Omeka juga merupakan aplikasi opensource yang artinya kode sumber nya boleh dilihat, dimodifikasi ataupun disebarkan. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh perpustakaan, museum, arsip, koleksi ilmiah dan pameran karena sesuai dengan kebutuhan institusi atau lembaga tersebut. Omeka dibuat untuk memudahkan pengguna agar lebih fokus dari segi konten maupun deskripsinya sehingga tidak terlalu dipusingkan dengan bahasa pemrogaman. Aplikasi ini juga menggunakan pendekatan web 2.0 yang mana dengan pendekatan ini aplikasi omeka memiliki tampilan antar muka yang lebih ramah pengguna.
Omeka dikembangkan oleh Roy Rosenzweig Center for History and New Media di George Mason University, Virginia US. Omeka Pertama kali berhasil diluncurkan pada tanggal 21 Februari 2008 dan diresmikan versi 1.0 pada tanggal 2 juni 2009. Omeka terus mengalami perkembangan sampai dengan rilis terakhir yaitu versi 2.1.4 pada tanggal 6 Februari 2014. Omeka sendiri dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan paket perangkat lunak bebas LAMP (Linux, Apache, Mysql/MariaDB/MonggoDB, PHP/Perl/Pyton). Omeka sendiri sampai saat ini hanya tersedia dengan dukungan bahasa inggris, dengan lisensi GPL. Omeka memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
·         Aplikasi publikasi Gratis dan open source untuk sekolah, pustakawan, arsiparis, museum profesional, dan penggemar budaya
·         Struktur lengkap Dublin Core yang dapat dioperasikan dengan sistem koleksi digital yang ada.
·         Element sets for institution-specific metadata sets
·         Fitur Migrasi data: OAI – PMH harvester dan CSV importer
·         W3C, 508 standar compliant
·         Improved exhibit building
·         Tema : kemudahan memilih, memodifikasi atau membangun desain web sendiri.
·         Dukungan untuk menampilkan dan memperbarui ikon pilihan untuk menggambarkan jenis file yang berbeda.
·         Fungsi lengkap otomatis saat penandaan untuk mendorong penggunaan standar .
·         Fungsi Web 2.0: konten Sindikasi dengan RSS feed; item tag dengan kata kunci; personalisasi item favorit; mengundang pengguna untuk berbagi dalam pembuatan konten.
·         Plugins: geolocation, konten yang dibuat pengguna, bookmark sosial, dokumen browsing, batch uploading atau membuat satu sesuai dengan kebutuhan proyek.
Proses instalasi bisa dilakukan di dalam server online dengan sistem operasi Linux, adapun kebutuhan sistem dan konfigurasi server untuk proses instalasi omeka yaitu :
·         Ruang Memori
·         Penggunaan rendah: 512 Mb RAM
·         Penggunaan sedang: 1 Gb RAM
·         Penggunaan tinggi: 2-4 Gb RAM
·         Kecepatan Prosesor
·         Minimal: 600MHZ
·         Optimal: 1GHZ
·         Server Apache HTTP serta mod_rewrite enabled
·         Versi MySql 5.0 atau di atasnya
·         Bahasa Pemrograman PHP versi 5.2.11 atau diatasnya (Optimal PHP 5.3)

untuk keperluan tambahan dan download aplikasinya kalian bisa langsung klik link di bawah ini ya. omeka.org. disana kalian bisa download semua keperluan dari omeka, dari aplikasinya sampai plugin atau aksesoris tambahannya.


No comments:

Post a Comment