Wednesday, June 14, 2017

uang tambahan untuk anak kuliah


baik, sekarang saya sedang ingin membahas tentang usaha yang dapat dilakukan untuk anak kuliah. supaya mendapat pendapatan yang lebih dan supaya tidak bergantung lagi kepada orang tua . sebagai anak kuliahan pasti masalah uang menjadi masalah yang umum , seperti kiriman uang yang terlambat dari orang tua, atau cara hidup yang berfoya foya di kota sehingga tidak dapat mengendalikan keuangan dengan baik di kota.

masalah keuangan ini memang menjadi sesuatu yang menakutkan sebab kebanyak anak kuliahan biasanya anak rantau atau anak yang jauh dari kampung dan orang tuanya.
tapi ada loh cara supaya anak kuliahan mendapat pendapatan lebih . simak nih cara cara atau kerja yan mungkin dapat dilakukan anak kuliahan.

1. menjadi asisten dosen.
memang sih untuk menjadi asisten dosen tidak semua orang dapat melakukannya , biasanya asisten dosen ini orang yang pintar, bisa berkomunikasi dengan baik, dan juga bisa menempat dirinya dengan situasi.
sebagai seorang asisten dosen kita memiliki banyak keuntungan loh diantaranya kita sudah pasti mendapat uang bulan sebagai gaji kita dari dosen tersebut, dan juga kita bisa dikenal oleh banyak dosen ecara tidak langsung ini bisa membuat diri kita berharga dimata dosen lainnya.

2. menjadi guru privat
sebagai mahasiswa kita dapat juga loh melatih diri kita dan juga mengembangkan ilmu yang kita miliki, yaitu dengan cari menjadi guru privat , pekerjaan ini cocok untuk yang mengambil jurusan keguruan , kenapa ? , karena selain kita bekerja kita sekaligus melatih diri menghadapi murid murid jika sudah lulus nanti, namun jurusan lain juga bisa kok ilmunya pake baik itu ilmu yang di dapat dari sekolah dulu maupun yang di dapat dari kuliah , biasanya dengan menjadi guru privat ini kita bisa mengulang ngulang pelajaran yang mengkin sudah mulai lupa.

3. menjadi tour guide
menjadi tour guide bisa loh mendapat pendapatan lebih, apalagi kita kulaih dekat dengan tempat wisata yang populer, untuk menjadi tour guide kita harus mampu berbahasa asing dengan cukup baik, dengan menjadi tour guide ini kita bisa bekerja sambil menikmati keindahan tempat wisata dan juga bisa menambah kemampuan berbahasa asig loh.


4. menjadi programer
pekerjaan ini memang memerlukan keahlian khusus dan alat bantu laptop atau komputer, tapi hasildari pekerjaan ini bisa sangat menjanjikan loh, karena jika program kita berhasil maka masalah keuangan kita terbantu , karena biasanya suatu program yang besar bayarannya juga besar .

5. kerja membuat web atau blog
degan bekerja seperti ini kita dapat mentransper ilmu kita kedapa  yang lain, dan juga melatih kita supaya dapat menyusun kata kata dengan baik juga, caranya membuat web atau blog sangat mudah kok , karena sudah banyak tutorialnya di internet dan juga pekerjaan ini tidak mengganggu kuliah kok, bahkan bisa membantu kita mengingat pelajaran dengan cari pelajaran itu kita masukan sebagi materi di blog kita.

6. menjadi wartawan freelance
mahasiswa bisa bekerja sebagai wartawan freelance loh, kenapa ? . karena biasanya mahasiswa melakukan pergi pergi ketempat yang ia suka, di tempat itu semisal ada kejadian maka kita dapat menbuat berita dan kronologis kejadian.

mungkin pekerjaan diatas tidak ada salahnya di lakukan, supaya mendapat uang tambahan dan juga meringankan beban orang tua dikampung, dan juga dimanfaat untuk biaya kuliah.

3 comments:

  1. Yang paling cocok menurut saya sih jadi asdos, ngajar bimbel, sama ngeblog :)

    ReplyDelete
  2. Asdos harus pintar dan rajin, susah bos.

    Tambahan: buat usaha kecil-kecilan seperti jual pulsa dan buat makanan kecil nanti dititipin di kantin kampus, atau jadi waiters di kafe dekat kampus

    ReplyDelete